Kamis, 05 Maret 2009

Asal dan jenis standar untuk DSL

Sekitar 80 partisipan yang bekerja dalam bidang DSL dan jaringan telepon hadir dalam pertemuan Question 4, Study Group 15 (Q4/15) of the International Telecommunications Union yang dipimpin oleh Dick Stuart dari 3Com. Beberapa kemajuan untuk VDSL (Very-high-rate DSL, berkecepatan sampai dengan 52 Mbit/s) telah dicapai dalam pertemuan ini. Pertemuan ini memperoleh kesepakatan untuk koreksi error, pengacak, interleaver dan struktur dokumen. Namun kode saluran belum dapat dipilih (serupa modulasi modem). Dua pilihan kode saluran yaitu single-carrier dan multi-carrier telah diajukan dan masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
Single carrier line code cocok untuk four band atau kurang. Sedangkan multi-carrier line code lebih cocok untuk multi-band frequency. Lingkungan multi-band muncul ketika empat atau lebih pita frekuensi digunakan untuk mengirim atau menerima VDSL untuk menghindari interferensi dari pita frekwensi radio amatir, G.pnt, T1 atau E1 repeatered carriers, dll.
Rabah Hamdi, Compaq, mewakili J. Magill’s, Lucent, sebagai editor untuk G.pnt (phone-line networking transceivers). G.pnt adalah standar ITU-T yang berdasarkan HomePNA specifications (2.0) yang dikembangkan di konsorsium HomePNA. Interferensi antara sistem VDSL dan G.pnt menjadi hal penting dalam pertemuan ini. Interferensi ini berkaitan dengan pilihan pita frekwensi VDSL dan kode saluran untuk VDSL. Kesulitan dalam hal ini dapat menjadi hambatan bagi G.pnt untuk mendapat persetujuannya (determination ).
G.shdsl (Single-pair High speed DSL) dengan editor S. Blackwell, Adtran memperoleh kemajuan yang berarti, yaitu : pertama, penggunaan pengacak HDSL2, trellis encoder, point mapper, and precoder ; kedua, penggunaan urutan aktivasi HDSL2 yang sama ; dan ketiga penggunaan G.994.1 (handshake) untuk pertukaran informasi dan aktivasi sinyal hubungan. Penggunaan G.994.1 ini mungkin tidak langsung cocok untuk T1E1.4 HDSL2 maupun ETSI SDSL, namun diharapkan implementasinya akan menghasilkan kesesuaian yang beragam.
PCTel mempresentasikan makalah yang menarik tentang cara meningkatkan jangkauan pada laju data yang lebih rendah. Hal ini berguna bagi pengembangan standar untuk ADSL (G.992.1, G.dmt dan G.992.2, G.lite) untuk memperbaiki unjuk kerjanya pada jangkauan yang lebih panjang. Pertemuan ini juga mengembangkan fleksibilitas G.994.1 (handshake) bagi perangkat DSL untuk mendukung kinerja terbaik DSL jenis apapun.

Standar baru G.vdsl
VDSL menjangkau pelanggan secara ekonomis melalui jaringan telepon. Diperkirakan (tapi belum disetujui) laju data downstream dan jarak jangkauan adalah 52 Mbit/s pada 1000ft atau 13 Mbit/s pada 4500ft. Untuk operasi simetrik 26 Mbit/s pada 1000 ft dan 13 Mbit/s pada 3000 ft. Pita frekwensi yang sangat besar bagi VDSL akan tersedia pada aplikasi pita lebar generasi yang akan datang.
Teknologi modulasi Single carrier dan multi-carrier telah diajukan untuk G.vdsl. Komite ini menghadapi kesulitan untuk memilih tekonologi modulasi terbaik dari keduanya ini. G.994.1 (handshake) digunakan G.vdsl agar dapat bekerja sama dengan seri G lainnya yang direkomendasikan.
Pita upstream yang besar dan simetris membuat G.shdsl sangat sesuai untuk aplikasi yang sedang berkembang dengan pesat.
G.shdsl mendukung akses internet dengan kecepatan tinggi, akses LAN, videoconferencing, web-site hosting dan gaming. Juga mendukung penggunaan repeater untuk pemakai yang jauh dan remote powering untuk lifeline operation. G.shdsl dapat juga mendukung komunikasi peer-to-peer dengan kecepatan 2.304 Mbit/s pada kedua arah. Pertemuan ini juga menyetujui penggunaan Trellis Coded Pulse Amplitude Modulation (TC-PAM) sebagai kode saluran (modulasi) dan parameter pada format frame.
Penggunaan ADSL untuk perumahan dan akses internet pada kantor kecil juga disetujui dalam pertemuan ini. Standar ITU-T untuk ADSL berdasarkan T1.413 issue 2 memungkinkan ADSL beroperasi pada jaringan yang berbeda dari Eropa (ADSL over ISDN ) dan Jepang ( ADSL next to TCM-ISDN ).
G.992.1, ADSL Transceivers (G.dmt) adalah ADSL untuk akses jaringan pada kecepatan 6.144 Mbit/s downstream dan 640 kbit/s upstream memakai Discrete Multitone(DMT) line code

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yahoo Matikan 12 Layanan

Berikut adalah daftar lengkap layanan Yahoo yang akan dihentikan: 1. Yahoo Axis, browser plug-in (28 Juni) 2. Yahoo Browser Plus, layan...